Minggu, 25 September 2011

Iyang NovEl By Iyang/Aos Part I

novel ini merupakan tulisan dari iyang
sebagian di ambil dari kehidupan si iyang
dan sebagian lainnya merupakan karangan
maaf jika ada kesamaan dalam nama tokoh,
nama tempat dll..bla bla...^^




Iyang

aku adalah seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, panggilanku iyang , entah kenapa orang memanggilku begitu ,panggilan itu tanpa ku tahu seluk beluknya sudah diberikan padaku sedari ku kecil , dari nama asliku Adrian, cukup kontras memang,sebagian orang ada yang bilang itu karena ketika kecil dulu dalam memperkenalkan diriku, lidah ku sedikit cadel jadi yang seharusnya Adrian menjadi iyang, fuih…. Nampak sedikit dipaksakan memang. bahkan ada yang bilang namaku diambil dari kata “ YIN & YANG !! “ ,what!!…semakin ngaco, tapi ku sempat berpikir mungkin memang begitu~~~, yin untuk wanita dan ‘yang’ untuk lelaki,whatever-lah….,I think it doesn’t matter.

by the way~~ aku mahasiswa semester akhir, disela - sela waktu perkuliahanku yang tidak begitu padat seperti semester - semester sebelumnya, aku mencoba untuk mencari pekerjaan ,hitung - hitung untuk penghasilan tambahan dan juga ku berpikir sebagai batu loncatanku keperkerjaanku nanti ketika lulus dan memegang Surat Ijazah Kelulusanku,yahoo0o...,tapi yang menjadi alasan utamaku adalah untuk menyenangkan ibuku yang seorang single parent.

ku memulai mencari pekerjaan di bursa kerja di kampusku, dari Sembilan lamaran yang kutaruh, 7 diantaranya menerima panggilan, kudatangi satu persatu panggilan itu karena datangnya panggilan itu juga tidak bersamaan. panggilan pertama yang kudatangi adalah dari perusahaan design grafis yang berada disekitar wilayah yang terkenal dengan pasar grosirnya, yaitu wilayah tanah abang. sebelum ku datangi panggilan itu ,aku sempati diri untuk browsing - browsing, nanya ke mbah google bermaksud untuk sekedar mencari tahu tentang profil perusahaan klik demi klik ku klik ! dan ternya waala… ternyata ada !!!, dari profilnya nampaknya ini adalah perusahaan yang besar yang bergerak dalam bidang design grafis, dari profilnya terlihat bahwa perusahaan ini telah banyak bermitra dengan perusahaan - perusahaan terkemuka di Indonesia. tentu profil yang sungguh meyakinkan ditambah design web - nya yang cukup menarik. I think it’s worth to try!, dari panggilan yang kuterima ini , bahwa aku harus datang sekitar pukul 1 siang untuk mengisi formulir lamaran disana, perhitunganku perjalanan sekitar 2 jaman~~~maaf 2 jam-an ku lebih kan waktu 1 jam untuk berjaga agar tidak telat, jadi dari rumah nanti ku harus berangkat sekitar pukul sepuluh, dengan menaiki angkot dan bus kota yang penuh dengan debu dan asap rokok, masuk dan keluar dari jendela seperti sebuah siklus saja , dari rumah ku naik angkot menuju terminal untuk menaiki bus kota jurusan tanah abang, sesampainya di terminal ku tidak melihat bus yang kucari, sepertinya belum tiba tidak seperti hari - hari biasanya, yang selalu banyak terlihat bertengger di terminal ini. di saat sperti ini huh….,sepertinya aku terpaksa harus menunggu, kutungu dan kutunggu, berdiri di tengah - tengah terminal yang panas terik ,dengan hembusan angin asap serta bisingnya kendaraan, fuih…,stay cool, stay cool ….dalam hati ku berbisik, karena aku harus menjaga penampilan ku nanti agar terlihat rapi. tiba - tiba “ tett….tet..” suara klakson terdengar keras dari sebuah bus besar yang lewat di depan ku dengan cukup kencang dan sangat dekat sekali dengan ku “apa - apaan ini !!“ ku sering berfikir apa tidak baikknya para sopir angkot dan bus kota di ibukota ini di jadikan para pembalap F1 atau moto GP saja mengingat kemampuan mereka yang diatas normal dengan melihat besarnya kendaraan mereka ditengah kesemerawutan ibukota melaju tanpa ragu melewati satu demi satu halangan rintangan dengan lihainya , dengan begitu mungkin bisa di temukan bakat - bakat yang tenggelam atau tependam dari mereka. dari pada kita harus sering melihat banyak kendaraan yang tidak senonoh, saling berciuman ditengah jalan (tabrakan ).

ternyata bus besar itu adalah bus besar yang kutunggu , ku segera menghampirinya, tapi dari segala penjuru yang tidak diketahui orang - orang datang masuk menyerbu bus yang hanya memiliki dua pintu itu, ku pun begegas naik jangan sampai ku tidak dapat bis ini ,sebab jika harus menuggu bis selanjutnya akan lama lagi, mungkin aku harus menuggu setengah jam lagi. I don’t think so.:P . akhirnya aku naik dan ku berhasil dapat tempat duduk , nyaman rasanya kaki ini setelah setengah jaman berdiri menanti, tapi dari belakangku terlihat seorang nenek tua nampaknya sang nenek tidak dapat tempat duduk , “ silakan mbah “ ucapku ke nenek itu, dengan segera memberikan tempat duduk ku untuk orang yang lebih berhak, walau ku tahu keringat akan segera membanjiri sekujur tubuhku selain cos panas juga karena aku memiliki penyakit yang katanya keringat berlebihan, ada yang bilang “lho.. kena jantung tuh “ busyet ! ada juga yang bilang “ itu paling paru - paru basah “ oh…paling T_T .fuh.. banyak kejadian yang tidak mengenakan dengan keringatku terutama ketika aku di bus kota, pernah atau bisa dibilang sering,salah satunya seperti ketika aku berdiri di bus kota dengan tanganku memegang besi pegangan yang tertempel di atap bus, di hari yang panas tentunya aku akan sangat mudah mengeluarkan keringat , yang paling banyak adalah di telapak tanganku ini, bercucuran keringat, mengalir dari telapak tanganku berlanjut -----> besi pegangan bus kota dan berjatuhan menuju kepala penumpang di bawahku (siklus keringatku) shame on me………. ! >.< “ aduh ujan ya, hari cerah kok ! @_@ ? “ ucap sang penumpang sambil memegangi kepalanya , memalukan sekali memang yang bisa kulakukan adalah memasang muka beton, sifat dingin dan pura - pura tidak tahu saja.what’s wrong ? hei!!aku begitu polos tidak tahu apa - apa !! . penyakit ini dulu sering sekali membuat aku minder ketika akan bersalaman dengan seseorang sering aku menolak bersalaman tanpa kuberitahu alasannya ,pada akhirnya sering membuat orang lain salah paham, tapi sekarang semua biasa saja. huh.. hari ini begitu panas seperti biasa, ditambah baju kemeja yang kupakai membuatku gerah. and…yap seperti biasa, keringat bercucuran deras, kubasuh keringat di telapak tanganku, tapi si keringat tak mau pergi dan kembali muncul.fuih…., di tambah lagi kemacetan disana sini, poor boy …,

sudah satu jam lebih aku berdiri di bus ini, terlihat berbagai variasi wajah yang sudah terlihat jenuh -_- , suasana lumrah di bus kota, di tengah kemacetan ibukota.

sepertinya ku akan segera tiba di tujuanku, ku tak tahan dan ingin cepat keluar dari bus kota ini, hingga akhirnya bus mulai melambat dan berhenti “ habis - habis !! ayo, ayo turun!, “ ucap sang kenek bus kota dengan nada lantang, sesegera mungkin ku turun , dengan kakiku cepat memijak turun , wuss….., sejuk rasanya, udara di luar terasa jauh lebih sejuk, mendinginkan keringatku yang bercucuran. feel so much better…^_^. ku ambil handphone ku dari kantong kemejaku untuk melihat waktu dan terlihat ku masih banyak cukup waktu, masih tersisa kurang lebih waktu satu jam, tapi tetap ku lekas bergegas mencari perusahaan yang kucari, jangan sampai karena terlalu santai ku malah telat nanti, fuh…jalanan disana - sini terlumur lumpur dingin , becek dan kotor, nampaknya ku harus ekstra hati - hati dalam melangkah jangan sampai lumpur mengotori sepatuku, ku mulai bertanya sana sini, da ternyata tidak jauh dari tempat ku turun bus kota akhirnya ku temukan perusahaan yang kucari, sedikit tercengang dengan apa yang kulihat. jauh dari bayanganku tentang sebuah perusahaan cukup besar yang telah maju dan membuat aku sempat ragu untuk masuk, dalam hati ku bertanya apakah benar ini alamatnya ? , dari pedagang sekitar yang kutanya dan kucocokan dengan secarik kertas yang bertuliskan alamat perusahaan dan memang benar ini alamatnya. tapi yang ku temukan hanya sebuah rumah kecil yang sederhana, dan tidak nampak ada kegiatan apapun di dalamnya, karena semua jendela di tutupi dengan papan dan koran. ah…don’t judge people from the cover and for this case don’t judge building from the ….roof ,keep moving,ku tak mau perjalanan ku sia - sia setidaknya ku harus mencoba, ku mulai membuka pintu pagar “ceitttt “ terdengar suara dari pagar besi yang begerak membuka ,ku langkahkan kakiku masuk kedalamnya,mmjadi terkesan horror nih..-_-,dan di teras depan terlihat tiga orang berpakaian putih putih hi..seram….e..maaf sedikit lebay yang benar tiga orang berpakaian putih hitam sama sepertiku terlihat sedang serius menulis sesuatu,, sepertinya mereka pelamar kerja sama seperti ku, “permisi “ ucap ku , “ oh..mau melamar juga y, isi dulu biodata ini “ ucap salah seorang pelamar sambil memberikan lembaran biodata.

ku isi lembaran - lembaran biodata itu satu persatu ada sekitar 4 halaman, “ kalo sudah taruh saja di meja sana “ ucap kembali pelamar itu padaku, “ o..iya “ dengan senyum dan sedikit anggukan ku jawab. setelah kuisi semua kertas biodata itu ku lekas menaruhnya, ku kembali duduk ketempat ku menulis tadi. tak lama kemudian terjadi perbincangan dengan tiga orang pelamar lainnya itu , dan ternyata salah seorang pelamar ada yang satu universitas dengan ku hanya saja kami berbeda jurusan , dia mengambil jurusan Design Graphic sesuai memang dengan yang di coba lamar kali ini, di dalam perbincangan tak jarang mataku menoleh - menoleh untuk mengintip kegiatan di dalam perusahaan ini yang jendelanya tertutup Koran dam lembaran majalah semua dan sulit di tembus mata ini alhasil yang ada ku hanya bisa membaca resep cara membuat es goyobod dan pisang ijo yang tertulis di salah satu dari puluhan lembaran majalah disana, asik pengetahuan baruuu….-_-

sesi pelamaran ku ikuti hingga selesai….., yang dimaksud pelamaran kerja lho..~~, pada saat itu hujan sedang turun deras padahal tadi cuaca cerah pan,hmmm.. ya beginilah akibat global warming si ujan bisa turun tanpa ada warning warning nya…,langsung turun tik tik tik tik …, sampai waktu ku ingin pulang hujan masih belum reda ,,terpaksa deh ku harus meneduh dulu ….,wuzz,,,,,,dingin euy…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen yA^^ ,,~~ga punya Account gunain Name/Url aja ^^